Hal yang Wajib Diperhatikan Dalam Mengatur Tata Ruang Rumah Minimalis

Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis property akhir-akhir ini telah membuat sebagian masyarakat lebih memilih rumah di dalam kompleks perumahan. Rumah yang kecil dan minimalis merupakan kelebihan tersendiri bagi sebagian orang. Selain harganya yang murah dan bersaing, rumah minimalis juga tidak terlalu membutuhkan biaya besar dalam merenovasinya.

Sementara itu dilihat dari sisi kekurangannya, rumah minimalis memiliki beberapa kekurangan yang terutama di penyusunan atau penataan tata ruang. Tempatnya yang sempit membuat sebagian masyarakat agak kerepotan ketika mengatur tata ruang rumah minimalis. Oleh karena itu Panel Lantai akan memberikan sedikit tips CARA MENGATUR TATA RUANG RUMAH MINIMALIS.

1. Penempatan Rak Pajangan atau Buffet Ruang Tamu.


Memilih dan menempatkan rak penyimpanan atau rak pajangan diruang tamu adalah cara cerdas untuk memastikan rumah Anda dapat selalu bersih dan siap kapan pun untuk dikunjungi oleh keluarga atau rekan bisnis Anda. Ruang tamu hakikatnya berfungsi sebagai tempat pertemuan antara pemilik rumah dengan para tamunya untuk berbincang-bincang atau melakukan aktivitas lainnya. Jika Anda ingin membuat kesan yang baik pada tamu Anda, maka perlu diperhatikan bahwa keadaan ruang tamu sebaiknya harus selalu terjaga kerapihan dan kebersihannya.
Rak penyimpanan atau rak pajangan diruang tamu akan memastikan kondisi ruang tamu Anda dapat terus terjaga kebersihannya, barang-barang dapat terorganisir dengan baik dan rapih, sehingga kapan pun siap untuk menerima kunjungan tamu atau kolega Anda.

2. Mengatur Pencahayaan Ruangan.


Pencahayaan merupakan hal yang vital untuk rumah dengan type minimalis. Pasti anda pernah  memerhatikan tata cahaya ruang di lobi atau selasar hotelkan? Terkadang tidak terlalu terang, tetapi nyaman dan indah untuk dinikmati. Memang, pencahayaan mampu menyempurnakan dekorasi ruangan jadi semakin indah dan menciptakan nuansa bagi sebuah ruangan.

Akan tetapi, menciptakan suasana ruangan lewat tata cahaya bukanlah hal mudah. Selain mengetahui fungsi dan tujuan pencahayaan tersebut, Anda juga harus mengetahui jenis lampu, penempatan lampu, dan warna cahaya yang cocok dipakai.

3. Penyekatan Antar Ruang.


Penyekatan ruangan tidak mesti harus dilakukan menggunakan dinding tembok. Ada beberapa tempat dalam rumah minimalis yang penyekatan antar ruang disarankan untuk menggunakan selain tembok atau dinding. Meskipun dari sisi ketebalan hampir sama dengan sekat partisi, namun penyekatan ruangan menggunakan tembok akan membuat ruangan terlihat kecil dan sempit.

Penyekatan ruangan bisa menggunakan Partisi atau sekat kaca. Hal ini akan membuat ruangan akan tampak lebar di samping sirkulasi udara antar ruang juga bisa berjalan normal. Di antara ruangan yang membutuhkan sekat partisi atau kaca, diantaranya adalah Sekat antara ruang tamu dengan ruang tengah atau sekat antara ruang makan dengan dapur.

4. Taman Minimalis.

Taman dalam rumah atau taman indor memang terdengar sepele, namun taman indor memiliki fungsi yang lumayan vital untuk rumah minimalis, terutama berguna bagi sirkulasi udara dalam rumah. Karena rumahnya yang sempit, maka anda akan merasakan suasana panas ketika masuk ke dalam rumah. Di sinilah fungsinya taman indor tersebut. Dengan atap di atas taman yang terbuka akan memberikan ruang gerak bagi udara untuk keluar masuk. Serta tanaman dan suara air terjun buatan akan memberikan suasana kesejukan tersendiri ketika anda berada dalam rumah.

Demikanlah sedikit tips yang harus ada (vital) dalam mengatur tata ruang rumah minimalis. semoga bermanfaat bagi anda semua.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Ads Inside Post

Melayani Penjualan dan Pemasangan Hebel Panel lantai beton rumah, bangunan, gedung, apartemen, kantor, sekolahan dll dengan kualitas bagus, kuat dan harga murah. Tersedia beberapa ukuran panjang. Lebar standard 60 cm dan tebal 12.5 cm.