Penyebab Dinding Rembes dan Cara Mengatasinya


Cara Mengatasi Air Merembes Ke Dinding
Bercak noda  atau adanya gelembung pada dinding adalah pertanda bahwa ada air yang merembes di bagian dalam dinding. Selama ini anda mungkin fokus mengatasi bocor atau rembes pada dinding. Tapi tahukah Anda penyebabnya mengapa air dari tanah atau dari bawah rumah bisa merembes masuk hingga naik ke dinding?

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan air dari bagian bawah rumah naik dan masuk ke dalam dinding.

1.  Jenis dan Kondisi Tanah

Kondisi Tanah Pondasi Rumah
Salah satu hal yang mendasar kenapa dinding rumah rembes adalah kondisi tanah. Rumah Anda mungkin dibangun di atas tanah yang jenisnya berbeda. Misalnya tanah liat di satu sisi, dan tanah yang agak berpasir di sisi lain. Ini akan menyebabkan pondasi bangunan bergerak sehingga dinding menjadi retak. Dinding retak inilah yang memungkinkan air untuk naik sepanjang dinding pondasi. Selain itu, tanah mengembang ketika basah dan menyusut ketika kering, perubahan ini juga menjadi salah satu penyebab air atau uap air merembes pada dinding pondasi lewat retakan.

2. Kondisi Talang Rumah

Talang Rumah

Selain Tanah, kondisi talang merupakan salah satu benda yang bisa menjauhkan rumah Anda dari ‘serangan air’. Untuk bisa berfungsi maksimal, talang air harus dipanjangkan hingga 10-15 kaki dari rumah. Biasanya, jika talang tersumbat kotoran seperti daun atau debu, air akan menumpuk dan justru jatuh ke dekat dinding rumah, menyebabkan air berkumpul di sekitar pondasi dan kemudian meresap masuk ke dalam dinding.

3. Akar Pohon Dekat Dinding Rumah

Taman Rumah Minimalis

Tanpa kita sadari, akar pohon, khususnya pohon berukuran besar bisa mendorong pondasi rumah dan juga menjalar hingga ke dinding yang retak. Ketika tanah basah, air akan mengikuti ‘jalur’ yang telah dibuat oleh akar pohon dan masuk ke dalam dinding.

4. Pemasangan Bata yang Tidak Benar

Pemasangan Bata dinding Rumah

Jika saat dibangun, pemasangan dinding dilakukan dengan kurang baik dan disertai dengan material yang kurang berkualitas , maka dinding bisa saja mudah disusupi air dari bawah tanah. Gunakan Mortar  untuk perekat bata serta untuk plesteran dinding trasraam agar air dari bawah tanah tidak mudah naik dan masuk ke dalam dinding. Jangan lupa untuk melapisi dinding dengan Masterproof yang dapat mengunci air sehingga dinding Anda terlindung dari rembes.
Setelah menemukan penyebabnya, Anda bisa menemukan cara terbaik untuk mengatasi air yang naik dan rembes ke dinding. Kini, Anda bisa megucapkan selamat tinggal pada bercak, noda ‘ngompol’ serta gelembung pada dinding rumah Anda.

Untuk Info dan Pemesanan Panel Lantai Silahkan Hubungi:

CV. CALDERA INDONUSA
Hp/Wa : 082220823555
Email : panellantai99@gmail.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Ads Inside Post

Melayani Penjualan dan Pemasangan Hebel Panel lantai beton rumah, bangunan, gedung, apartemen, kantor, sekolahan dll dengan kualitas bagus, kuat dan harga murah. Tersedia beberapa ukuran panjang. Lebar standard 60 cm dan tebal 12.5 cm.